Fungsi Scanner untuk Mengamankan Berkas Penting

Source image: google


Scanner merupakan sebuah alat pemindai yang termasuk pada perangkat input komputer. Alat ini berfungsi untuk memduplikat objek atau dokumen seperti halnya mesin fotocopy dengan hasil yang berbeda. Jika mesin fotocopy memperbanyak cetakan fisik, scanner berfungsi menduplikasi bentuk fisik ke dalam bentuk digital atau file komputer.
 

Cara kerja scanner dapat menduplikat objek terutama dokumen dengan bantuan sensor cahaya yang ada di dalam alat tersebut. Sensor ini dapat mendeteksi struktur kertas, tulisan, dan gambar dari objek. Selanjutnya alat tersebut akan mengirimkan file digital ke komputer yang selanjutnya bisa kamu bagikan melalui media sosial atau surat elektronik.

Adapun fungsi lain dari scanner sebagai berikut:

Menyalin berkas


Fungsi scanner yang paling banyak digunakan orang adalah menyalin berkas atau dokumen. Terutama untuk beberapa berkas penting yang lebih rentan rusak saat kamu hanya menyimpannya dalam bentuk fisik. Menyalin ke dalam bentuk digital akan menjaga dan membuat dokumen tersebut masih bisa dibaca atau disimpan hingga beberapa tahun ke depan.

Dokumentasi


Bagi beberapa orang, scanner dapat berfungsi mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dianggap penting. Berkas penting tersebut dapat kamu simpan ke dalam bentuk digital. Selain itu, scanner juga dapat menggandakan berkas yang tidak ada berkas penggantinya. Jadi jika suatu saat kamu membutuhkannya, kamu dapat mencetaknya kembali dari file digital yang ada.
 

Pengelolaan berkas


Saat kamu memiliki berkas fisik, maka risiko yang muncul adalah waktu yang terbuang karena pengelolaan atau pemberkasan dokumen. Tak hanya itu, dokumen cetak juga membutuhkan ruang atau tempat untuk menyimpannya di rumah maupun kantor. Di sinilah fungsi scanner untuk membantumu mengelola dan mengkategorisasikan dokumen dengan mudah. Ketika kamu membutuhkan berkas tersebut, kamu telah siap untuk mencetak dan menggunakannya kembali.

Mengamankan berkas


Dokumen yang disimpan dalam bentuk fisik memiliki ancaram yang bisa terjadi kapan aja. Misalnya hilang, rusak, kena air, dan beberapa masalah lainnya. Mengubah dokumen ke dalam digital akan menjaga dan mengamankan berkas menjadi lebih aman dan bertahan lama.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: