Tips Membuat Poster Pendidikan yang Menarik dan Efektif

Source image: google

Poster pendidikan merupakan salah satu media yang populer yang digunakan untuk menyampaikan berbagai pesan edukatif pada siswa di lingkungan sekolah. Poster pendidikan akan membantu para siswa untuk memahami serta meningkatkan berbagai hal penting yang berhubungan dengan suatu pelajaran maupun nilai moral tertentu. Tak hanya itu, poster pendidikan juga banyak digunakan di kampus maupun lembaga pendidikan dengan tujuan untuk memberikan pengumuman, sosialisasi, atau sebagai media promosi.

Dalam pembuatan poster tentu memiliki pertimbangan mulai dari penyajian gambar, konsep, hingga tulisan slogan yang akan kamu serahkan dan tempel pada area lingkungan pendidikan. Pastikan poster menarik dan enak dilihat. Berikut ini empat cara membuat poster yang menarik minat pembaca:

Menentukan tujuan dan topik


Sebelum kamu membuat poster, langkah pertama yang perlu kamu pastikan adalah menentukan ide utama yang akan menjadi topik dan tujuan pembuatan poster. Kamu bisa memilih seperti apa kamu ingin menyampaikan ide serta informasi tertentu kepada orang lain atau hanya sebagai media promosi dari sebuah produk. Pada awal pembuatan ini, kamu membutuhkan penelitian serius untuk menentukan apa yang ingin kamu tuangkan dalam poster. Dalam hal gambar, kata-kata, gambar desain, hingga peletakkan poster yang nantinya akan terbit harus direncanakan terlebih dahulu.

Menggunakan kalimat singkat


Poster biasanya hanya akan dibaca dalam waktu singkat karena biasanya sasaran pembaca yaitu pejalan kaki dan pengendara. Jadi akan sangat sedikit waktu yang dipakai untuk membaca hingga sampai. Begitu juga dengan poster pendidikan yang ada di sekolah atau kampus. Meskipun bisa dilihat beberapa kali selama melewati lokasi penempatan poster, waktu yang dibutuhkan juga tidak lama. Untuk itu, pilihlah kalimat yang efektif dan simpel untuk dibaca bahkan dalam waktu singkat. Namun, jangan biarkan kata pendek yang kamu pilih malah terbaca ambigu dan membuat orang bingung. Gunakan kalimat langsung yang efektif dan tepat untuk memudahkan orang menerima informasi tersebut.

Memilih gambar yang menarik


Gambar merupakan media yang efektif untuk mengirimkan pesan sehingga kamu dapat melihat sendiri dalam penggunaan gambar pada poster, biasanya proporsi gambar akan lebih besar dari teks. Saat menggunakan gambar, pilihlah gambar yang menarik dan sesuai dengan topik atau tema yang ingin kamu sampaikan. Penggunaan gambar yang menarik akan mengundang perhatian siapa saja yang melihat poster dan ingin membaca lebih lanjut.

Penggunaan media yang benar


Media yang dimaksud adalah penggunaan kertas poster dan tempat penempatan poster. Gunakan kertas yang tepat untuk membuat poster tidak mudah rusak atau sobek. Media tempat juga pilihlah media yang baik untuk menempelkan poster. Pilih sturktur dinding yang baik dan lokasi sekitar dinding yang mudah dilewati orang. Misalnya di depan pintu masuk atau akses tangga.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: