Tips Memilih Warna Spanduk untuk Membuat Promosi yang Menarik

Source image: google

Banner atau spanduk merupakan salah satu desain yang banyak digunakan oleh masyarakat karena ukuran yang besar dan sifatnya yang tahan lama. Bahkan, beberapa spanduk atau banner yang sudah tidak lagi dipakai kerap menjadi tikar untuk acara. Beberapa warung menggunakan banner untuk promosi dan menjadi penutup warungnya. Penutup warung ini menjadi primadona untuk orang yang ingin membangun usahanya.

Desain spanduk dapat menyesuaikan dengan isi banner dan kondisi di mana banner itu dipasang. Jangan sampai desain yang dibuat tidak sesuai dengan kondisi dan sifat dari lingkungannya. Faktor penting dalam pembuatan banner adalah warnanya. Warna yang baik dan benar akan menghasilkan desain banner yang sempurna. Mudah dimengerti oleh audiens hingga marketnya yang akan membuat orang tertarik. Berikut ini tips memilih warna spanduk yang tepat:

Menggunakan warna konstras


Desain spanduk saat ini menekankan pada eyesight atau kecepatan orang dalam menangkap informasi. Spanduk yang biasa terpasang di pinggir jalan membuat setiap orang melihat informasi dengan cepat. Hal ini karena sebagian audiens atau target spanduk tersebut adalah pengendara yang membawa kendaraan dengan cepat. Semakin cepat maka semakin cepat mereka perlu menangkan informasi dalam spanduk. Kombinasikan warna yang kontras seperti hitam dan putih, merah, dan kuning, hingga warna lainnya.

Menyesuaikan tema


Selain dengan efek mata, kamu perlu memberikan efek psikologi pada orang yang melihatnya. Warna memiliki mood yang harus dimengerti oleh desainer. Tentunya moood ini perlu kamu sesuaikan dengan produk yang akan ada dalam spanduk. Misalnya jangan gunakan warna hitam dan merah pada banner warung makan karena akan memberikan kesan yang menyeramkan. Sebaiknya, gunakan warna yang terang dan menyengarkan seperti hijau, kuning, dan biru.

Memperhatikan penempatan spanduk


Penempatan spanduk juga perlu kamu siapkan. Baik indoor maupun outdoor memiliki treatment warna yang berbeda. Spanduk yang akan diletakkan di luar rumah tidak membutuhkan warna terang hanya menggunakan warna yang kontras. Sebaliknya, jika untuk spanduk yang dalam ruangan, berikan warna yang cerah dan terang. Misalnya banner luar ruangan jangan terlalu banyak warna putih, karena silau jika terpantul sinar matahari.

Menggunakan warna hitam pekat


Seringkali desainer pemula menggunakan warna hitam yang kurang pekat, sehingga saat di luar ruangan akan terlihat abu-abu. Pengguna corel draw pasti pernah mengalami ini, ketika warna hitam ada di layar tidak sesuai dengan warna hitam pada cetakan. Biasanya akan terlihat agak pudar. Untuk itu, gunakan dan pastikan kembali warna hitam yang digunakan yang paling akhir atau pekat.

Menggunakan warna CMYK


Untuk desainer, tentu mengetahui bahwa mesin print hanya bisa menorehkan 4 warna yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black, atau disingkat dengan CMYK. Beda dengan RGB yang biasanya digunakan untuk monitor. Gunakanlah warna CMYK akan memberikan kesan warna yang konsisten pada monitor dan hasil cetakan spanduk.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: