Ukuran Standar Kertas Untuk Brosur

 

Ada ukuran standar dalam pembuatan brosur yang digunakan sebagai media promosi atau pemasaran suatu brand. Ukuran kertas sangatlah penting selain juga memperhatikan jenis ketebalan kertas. Dalam hal produksi seperti pencetakan brosur, kartu nama, buku, dan berbagai produk percetakan lainnya, gramatur dan ukuran akan mempengaruhi biaya cetak. Selain biaya cetak, ukuran brosur dan ketebalan akan mempengaruhi kualitas brosur tersebut.

Ukuran Standar Kertas & Ukuran Standar Brosur

Ukuran kertas yang dipakai mempunyai dampak terhadap konten apa saja yang dapat dimasukkan kedalam brosur jadi sangatlah penting untuk menentukan ukuran brosur yang diinginkan sebelum memulai proses design brosur. Ukuran brosur yang besar dapat memberikan tempat yang lebih untuk berkreasi tetapi membuat harga menjadi lebih mahal. Menggunakan ukuran yang lebih kecil dapat menghemat biaya tetapi mengurangi ruang untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui brosur. Lalu apa saja ukuran kertas standar yang biasa digunakan untuk mencetak brosur? Berikut penjelasannya.

A4

Ukuran ini bisa dikatakan sebagai ukuran yang paling popular untuk membuat brosur. A4 adalah ukuran kertas yang paling banyak digunakan didunia dan format kertas yang paling dikenali oleh orang awam. Adapun dimensi dari ukuran A4 adalah 29,7 x 21 cm. Terkadang brosur A4 dapat dibuat dari kertas ukuran A3 yang dilipat tengah menjadi 2 bagian. Sehingga dalam satu brosur tersebut terdapat 4 halaman A4.

A5

Ukuran kertas A5 adalah ukuran kedua terpopuler setelah A4. Sama seperti brosur A4, brosur A5 dapat dibuat dari kertas ukuran A4 yang dilipat. Brosur A5 biasanya berisi konten yang mempriotitaskan beberapa poin penting kepada pelanggan. Dimensi dari ukuran kertas A5 adalah 21 x 14,8 cm.

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: