Cara Merawat Tote bag Supaya tetap Awet



Tote bag kanvas menjadi favorit kebanyakan orang terlebih tidak boleh penggunaan tas belanja dari kantong plastik. Bahan kanvas masih menjadi favorit kebanyakan orang. Bahan ini sering digunakan untuk membuat tas ransel dan tote bag. Tetapi bahan kanvas ini memang sifatnya yang mudah kotor sehingga harus tahu bagaimana cara merawat tas yang terbuat dari bahan kanvas tersebut agar dapat bertahan lama.

Perawatan tas kanvas tergolong gampang-gampang susah, namun apabila dirawat dengan langkah yang benar, perawatan tas kanvas dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Caranya merawatnya pun tentu beda dengan tote bag yang menggunakan bahan seperti jeans atau bahan sintetis lainnya.

Nah, jadi bagaimana sih cara merawat tote bag dari bahan kanvas yang benar? Berikut tips dan trik merawat tote bag kanvas agar tetap terlihat seperti baru.

Cuci Tote Bag Secara Rutin

Cara merawat tote bag kanvas yang utama adalah dengan mencuci tas tersebut secara rutin dan berkala. Hal ini untuk menghindari timbulnya noda yang membandel dan sulit dihilangkan. Pencucian tas tote bag kanvas dapat menggunakan mesin cuci atau juga dengan cara manual.

Namun jika mencuci tote bag kanvas, jangan dicampur dengan jenis bahan pakaian lainnya agar tidak kelunturan warna dari pakaian-pakaian itu. Oleh sebab itu, disarankan ketika mencuci tas tersebut dengan cara manual menggunakan tangan.

Hati-Hati Saat Menyikat

Saat ingin menyikat tote bag kanvas, gunakanlah sikat yang memiliki bulu halus untuk menghilangkan noda dan kotoran yang sedikit membandel. Jenis kotoran yang biasa menempel pada tote bag berupa bercak tanah atau debu karena terlalu sering digunakan.

Untuk menghilangkan noda tersebut cukup dilakukan penggosokan secara perlahan, tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat. Apabila disikat terlalu kuat akan merusak tekstur dari kanvas itu sendiri, karena serat kain yang digunakan pada kanvas cukup riskan. Jika memerlukan gosokan sikat, saat menyikat cukup satu arah saja agar tote bag dari bahan kanvas tetap terjaga.

Gunakan Deterjen Untuk Membersihkan Noda

Deterjen merupakan salah satu sabun untuk menghilangkan noda pada permukaan kanvas. Namun harus memperhatikan desain dari tas tersebut, apakah dari sablonan atau gambar yang bahannya aman ketika terkena deterjen. Jika memang aman, dapat memberikan deterjen ke bagian yang terkena noda. Kemudian gosok secara perlahan dan usahakan jangan terlalu kuat agar tidak rusak. Jika noda tersebut sudah hilang, selanjutnya dapat dibilas menggunakan air bersih.

Hindari Menjemur Di Bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Bahan pakian yang memiliki warna sangat rentan sekali terhadap paparan sinar matahari secara langsung karena warna tersebut akan pudar. Apalagi tote bag yang ada desain printingnya, akan menjadi kaku dan pecah-pecah.

Penjemuran tote bag sebaiknya jangan dijemur dibawah sinar matahari secara langsung. Cukup diangin-anginkan saja dan biarkan mengering sendirinya.

Simpan Ditempat Yang Tidak Lembab

Langkah terakhir yang perlu diperhatikan untuk merawat tote bag kanvas adalah jangan disimpan ditempat yang lembab. Karena, tas dapat dihinggapi dan menjadi tempat bersarangnyya binatang kecil dan permukaan dari tas menjadi lembab. Jika tas lembab, bisa ditumbuhi oleh jamur dan tas menjadi terlihat tidak menarik lagi. Agar terhindar dari kelembapan dan debu, tote bag dapat disimpan dengan cara dibungkus dengan plastik dan diberi silica gel untuk menyerap kelembapan.

Tidak perlu bingung lagi mencari cara untuk membersihkan tote bag kanvas kesayanganmu, bukan? Itu tadi 5 langkah merawat tote bag agar tetap terjaga dan tetap terlihat seperti baru.

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: